Strategi Marketing Komunikasi

Narasumber: Riska Riyanti 

Jabatan        : Head of Publicity

Strategi Marketing Komunikasi RCTI



     Strategi Pemasaran menurut Philip Kotler ( 2004: 81 ) adalah pola pikir pemasaran yang akan digunakan untuk mencapai tujuan pemasarannya. Strategi pemasaran berisi strategi spesifik untuk pasar sasaran, penetapan posisi, bauran pemasaran dan besarnya pengeluaran pemasaran. Tujuan dari strategi pemasaran dibagi menjadi 3, yaitu:
1. Segmentation
    Segmentasi adalah proses mengkotak-kotakan pasar ke dalam grup tertentu.
2. Targeting
    Targeting adalah menetapkan pasar yang menjadi pusat pemasaran produk perusahaan.
3. Positioning
 Positioning merupakan penyampaian citra dari suatu produk kepada konsumen. Pemasaran yang baik harus meninggalkan kesan yang sangat kuat terhadap produk dari sisi konsumen. Sebuah strategi komunikasi hendaknya mencakup segala sesuatu yang dibutuhkan untuk mengetahui bagaimana berkomunikasi dengan khalayak sasaran. Strategi komunikasi mendifinisikan khalayak sasaran, berbagai tindakan yang akan dilakukan, mengatakan bagaimana khalayak sasaran akan memperoleh manfaat berdasakan sudut pandangnya, dan bagaimana khalayak sasaran yang lebih besar dapat dijangkau secara lebih efektif. 

  Strategic marketing Communication merupakan sebuah bagian yang bertugas untuk membuat aktivasi atau event, baik event yang dibuat korporasi maupun event yang dibuat client dapat mendapatkan income korporasi, mempertahankan citra dan mendapat brand awareness korporasi tersebut. Strategi pemasaran pasti diterapkan oleh semua perusahaan atau institusi. Salah satu perusahaan yang melakukan komunikasi pemasaran adalah RCTI. Ada beberapa strategi komunikasi pemasaran yang dijadikan acuan oleh RCTI (Kotler dan Smith), yaitu:
a. Advertising -> usaha penyajian non-personal atau promosi produk yang dibayar oleh pihak perusahaan. Iklan merupakan strategi komunikasi pemasaran dengan media tv, radio, majalah, koran,
b. Sales promotion -> promosi penjualan berguna untuk meningkatkan keinginan target konsumen untuk membeli suatu produk. 
c. Public relation and publicity -> meningkatkan hubungan produk antara produk dengan konsumen dan masyarakat umum.

    Salah satu event yang dilakukan oleh RCTI adalah RCTI Reds Run. Event ini dibuat dalam rangka menyambut HUT RCTI yang ke-28 tahun. Ada serangkaian acara seru yang ditampilkan di event ini. Event ini dibuat juga sebagai strategi komunikasi pemasaran RCTI.

   

Komentar

Postingan Populer