PERIKLANAN JAMAN NOW
Narasumber : Ibu Tia, AE Mullen Loe
Dewasa ini, periklanan telah mengalami perubahan signifikan yang pesat semenjak berkembangnya media digital dalam kehidupan manusia. Periklanan tidak lagi hanya muncul pada media konvensional tetapi telah masuk pada media online. Anak muda jaman sekarang sudah tidak lagi mengonsumsi media konvensional tetapi telah sepenuhnya berpindah ke media online. Tantangan praktisi iklan saat ini adalah menemukan cara untuk menjangkau kalangan muda dan membuat pesan iklan yang efektif. Periklanan merupakan salah satu alat yang paling umum digunakan perusahaan untuk mengarahkan komunikasi persuasif pada pembeli sasaran dan masyarakat. Periklanan pada dasarnya adalah bagian dari kehidupan modern. Kehidupan dunia modern saat ini sangat tergantung pada iklan.
Tanpa iklan para produsen dan distributor tidak akan menjual produknya, sedangkan disisi lain para pembeli tidak akan memiliki informasi yang memadai mengenai produk barang dan jasa yang tersedia di pasar. Apabila hal itu terjadi maka industri dan perekonomian modern pasti akan lumpuh. apabila sebuah perusahaan ingin mempertahankan tingkat keuntungannya, maka ia harus melangsungkan kegiatan periklanan secara memadai dan terus-menerus.
Periklanan adalah penggunaan media bauran oleh penjual untuk mengkomunikasikan informasi persuasif tentang produk, jasa ataupun organisasi dan merupakan alat promosi yang kuat (Suyanto, 2007: 143). Peranan periklanan dalam pemasaran suatu produk adalah untuk membangun kesadaran terhadap keberadaan produk yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang produk yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli dan menggunakan produk tersebut dan untuk membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan yang lainnya.
Saat ini di Jakarta sudah banyak agensi periklanan baik lokal maupun internasional yang saat ini bersaing dengan sengit untuk mempertahankan eksistensinya. Saat ini perusahaan sudah jarang mau beriklan di media konvensional seperti iklan, majalah, dan tv karena sudah berbanding lurus dengan teknologi digital yang dinilai jauh lebih efektif dan efisien dalam menjangkau konsumen dari seluruh kalangan. Budget periklanan bisa membuat kantong perusahaan jebol, oleh sebab itu sebuah perusahaan harus punya klien. Hubungan dengan klien itu harus dibaca, dipupuk dan jangan sampai di lepas karena seorang klien adalah sumber financial.
Agar tetap dapat mengimbangi pekerjaan kita dalam bekerja di suatu agensi iklan, maka harus memiliki karakteristik seperti berikut :
1. Selalu update
2. Positive Thinking
3. Jangan pernah berasumsi
4. Kiss/Miss
5. Multi Tasking
6. Trends
- Ads are becoming more dynamic and personalized
- Advertising channels are becoming automatically integrated
-Transparent attributes is tying all ad spend to hard data
Komentar
Posting Komentar